what do you want to be

April 10, 2011

lately this question means so much for me

mungkin ini yang namanya krisis mahasiswa tahun kedua. atau nggak tau krisis menjelang umur 20. atau mungkin krisis aja. things I should have think about before, deeply, but somehow erased by petty things I've done between studio. jadi ya, what do you want to be?

to simplify the question let's take a slight glance at myself today. kuliah di jurusan arsitektur, what else do I want to be then? an architect. hmmm iya juga. ya. gue mau jadi arsitek, sejak sekolah dasar kayaknya. apparently, being in architecture school is not enough to be an architect. you will have to go through several test and phase, just like those on faculty of medicine. bedanya adalah tahapannya lebih simpel daripada yang mau jadi dokter. capeknya mungkin juga gak sama. I have never been in medical school (and never think about that) jadi ya nggak bisa sok tau soal bagaimana mereka jadi dokter.

oke, jadi arsitek itu cita-cita dunia doang. architect is a profession, you can tell everyone that you are an architect (when you already are an architect). dan setelah gue pikir-pikir lagi, ternyata jawaban dari pertanyaan gue mungkin bukan itu.

what do you want to be?

somehow the question seems to be so strange and scary. do you even know what do you want to be in the future? or maybe right now? do you even know what are you right now, what makes you become someone as you are now. Kita pastinya punya keinginan entah sadar atau nggak, untuk menjadi 'orang', mungkin dulu kita punya keinginan sendiri-sendiri yang kemudian diwujudkan dengan menjadi kita yang sekarang ini. Gue sendiri nggak pernah sadar sama keinginan-keinginan tersebut, lebih karena gue orang yang sangat mengikuti arus. Gue tidak segitu well-organizednya dalam merencanakan akan jadi apakah gue di masa depan.

Belakangan ini gue merasa terganggu, dan mungkin itu adalah alasan kenapa gue tidak update di blog sesering dulu. Gue punya teman-teman yang bisa menulis dengan hebat dan punya makna. kemaren-kemaren gue sempet mikir kalo gue nggak akan nulis dulu sampe gue bisa jadi seoke mereka.

Terus barusan banget gue baca update blog dari salah satu kakak kelas gue. Dia terkenal pintar sejak SMA, dan kayaknya emang masih pinter banget sampe sekarang. I read them and suddenly a thought popped up in my mind. Bukan, gue bukan mau jadi seperti dia. Tapi gue mau jadi orang yang pintar.

Orang yang pintar yang kalo ngomong ada isinya dan yang kalo bertindak bisa bertanggung jawab. Gue ingin jadi orang yang pintar, yang punya wawasan luas dan nggak sembarangan. orang pintar menurut gue dihargai oleh orang-orang di sekelilingnya. suka nggak suka, orang-orang pintar nggak banyak ngomong tapi bertindak. Orang yang pintar harusnya tidak intimidating, tapi mengayomi. Orang yang pintar seringkali... tidak merasa dirinya pintar.

mulai sekarang gue akan mencoba untuk menjadi orang yang paling tidak mendekati kualitas orang pintar yang gue sebutkan itu, karena gue nggak bisa menilai sendiri tentu saja. Imperfect is our thing.

so, what do you want to be?

You Might Also Like

4 comments

Blog Archive