Monday, May 28, 2018

Unsaid but Hopefully Well-Written

That morning, a thought suddenly crossed my mind.

I have started this blog in 2009, back then, a lot of personal story got published and I have several of them deleted by now (talking about erasing evidences of a younger version of me writing in cheesier style, haha). I was looking back on my archives and a lot of my early writings were about which drama or movie I have watched or wanted to watch. What was on my playlist, a lot about my high school friends, and my university life.

In recent years, I put more thoughts in my post and I don't post as frequently as I used to anymore. Part of it was because I was being more cautious about sharing my private life, and another was because I was kind of insecure as I read more and more blogs. Will my post worth enough to read? Is there any reader at all? And so on and so on. What started as something just for fun, become something I put a lot of insecure thought of. And it wasn't that fun anymore.

I read a lot of popular blogs told their reader in their blog post that to get a reader wasn't their initial intention. I know I was being salty, but they have reader anyway, while I wanted to get a reader and doesn't seem to have any (though I don't really know). I started to analyze everything, like, do I want my blog to be a travel blog? But I don't travel that often. Do I want it to be thoughtful, a collection of my thought? But were my two cents worth enough to read? Do I want it to be a review of books/movies/drama I have watched? But I can't review (the truth), just like my food was edible and inedible for me, books/movies/dramas are my style/not my style and no in between, so I can solely focus on that.

What should my blog be about?

I think and I think and I didn't seem to have anything worthy enough to post and ended up being salty because everyone else's life seems to be interesting and sometimes not that interesting but still, they post things.

Until finally, I came to this cliche realization that mine doesn't need to be like others'.

Mine can be a collage of my own life; be it random thoughts, snippet of my life, my current playlist, my stand on something, my travel notes, my DIY projects. Mine can be updated regularly, twice a week or once for every 2 months, but it is still mine anyway. I guess this is how I extending the meaning of loving myself, as blogging and my blog wasn't physically a part of me, but an extension of myself.

Mine are things unsaid but hopefully well written.

Cheers for more free-of-worry blogging session in the future :)

Monday, May 21, 2018

Back to Journaling (1)


Sudah 5 setengah bulan sejak saya mencoba disiplin untuk menggunakan bullet journal (ala Fitri yang pada dasarnya cuma to-do list harian). Dan karena bukunya udah mau abis juga, jadi sekalian lah saya mau cerita soal pengalaman saya kembali punya jurnal.

As I have said countless times, saya dulu adalah an avid diary writer. Selama 3 tahun SMA diary saya sampe ada 10+ yang ditulisnya beneran tiap hari dan runut kejadiannya dari pagi sampe siang (kok sempet? ya karena kalo ngantuk di kelas nyicil nulisnya). I stopped when I was at the uni and actually demolishing that legit proof of my high school days several years ago. After that, I told myself, I'm not gonna have a journal anymore.

Tapi dari dulu juga sebetulnya emang penasaran sama bullet journal dan pengen banget bisa disiplin buat pake planner (ya biar keliatan legit banyak kerjaan gitu) yang selalu tertunda karena saya tau banget ini planner nggak bakalan kayak planner atau bullet journal yang bertebaran di IG/pinterest karena pada dasarnya saya anaknya mager, kerjaannya ya itu itu aja yang di kantor, dan emang dari dulu juga nggak pernah ngerencanain sesuatu yang jauh banget masih di depan. I know the most convenient system for myself is a daily to do list, and it's proven.

Tapi tetep keinginan punya bullet journal begitu besar, jadilah saya impulsif beli notes buat bikin meal planner dan akhirnya jadilah saya menulis di journal lagi (akhirnya nyerah sama bullet journal dan jadinya jurnal suka-suka aja).

Di post yang ini, saya mau cerita soal jurnal yang bisa saya gunakan dengan cukup efektif. Untuk aslinya bisa ditonton di sini, tapi sebetulnya bullet journal ini bisa kita customize sesuai dengan kebutuhan. Di format aslinya namanya adalah collection, tempat kita nulis buku-buku apa yang sudah atau mau kita baca, film apa yang mau kita baca, wishlist sepanjang tahun, and basically everything. Bisa juga kita tambahin habit tracker, sleep tracker, mood tracker, water-intake tracker, anything you want to track and anything convenient to add, just dump it to the book.

The index page I finally abandon
Awalnya saya pesimis saya bisa konsisten, tapi ternyata buat saya, kunci untuk bisa konsisten adalah dengan dismissing my idea of perfection. Klise, tapi sederhana, karena jurnal sempurna yang ada di bayangan saya adalah yang layoutnya konsisten, nggak acak-acakan (as in, nulis catetan kerjaan di halaman 30 terus nyatet topik yang sama di halaman 100), kelihatan penuh, garisnya nggak hasil bikin pake penggaris tapi tetep lurus (gimana?) tapi kelihatan well used while in the same time, in a good condition.

Kecil-kecil dan nyusahin sih lebih tepatnya.

Tapi ya gitu, setelah saya berusaha cuek dengan perfect journal yang ada di kepala saya, saya jadi bisa menggunakan jurnal itu dengan lebih efektif dan sesuai fungsinya. Ya buat nyatet. Nyatet kegiatan, nyatet jadwal, nyatet makan apa aja saya selama seminggu, nyatet kapan terakhir saya sapu-pel rumah atau minum air hangat+madu, sampai nyatet hasil meeting (yang nantinya akan dipindahin ke bentuk digital), bahkan kemarin ini nyatet lirik lagu (ala-ala anak SMP jaman saya banget emang).

Beberapa layout yang saya pake udah saya fotoin, tapi yang paaaaling bertahan itu yang weekly. Bentuknya beda-beda sih. Yang Januari itu, pas februari saya pake lagi cuma gapake cat air karena ribet bro. Kalo belakangan ini, saya ngegaris-garisinnya langsung pake brush pen nya snowman warna abu-abu, supaya langsung tebel garisnya dan gak ghosting/bleeding di halaman baliknya (saya punya 3 brush pen snowman, yang lainnya warna pink-ish dan hitam, kalo yang ini ghosting dan bleeding, jadi mungkin beda-beda dan tergantung kertasnya juga ya).

cover page yang lumayan niat

my layout in january in which I actually use a watercolor (masih rajin). atas : waktu mayan penuh (I erased my journal entry under the blue line) bawah : waktu sakit (abort all plan, leave everything)
kiri : a monthly view I just CAN'T USE and I abandon after february (not doing it in the previous month though) kanan : monthly tracker I also abandon (and incorporated it in my weekly view)
Di salah satu video tentang bullet journal yang pernah saya tonton (dan mungkin juga dari salah satu artikel bullet journal yang pernah saya baca), katanya bullet journal ini fleksibel, and we can just change it next month (or even next week) if a layout doesn't work for me. Saya setuju sih, jurnal saya jadi jauh lebih efektif waktu saya ganti hal-hal apa aja yang mau saya track, ngilangin budget tracking (yang pindah ke laptop terus udah 3 bulan terakhir ini terbengkalai (maapin pak)), dan berusaha ikhlas waktu saya mesti nyatet dua topik berbeda di satu spread yang sama (yha, masalah saya nggak jauh-jauh dari yang gini sih).

So if you are thinking of trying out journaling, just do, you can always customize. And if it's not your style, never feel like something is wrong, just try something else. Cheers!

Monday, April 9, 2018

The Tale of Punctuality


Recently, I had an appointment, in which I have to be present at a place rather far from my parents' home exactly at 4 pm. I have just arrived at my parents' home that morning, and cut my morning appointment short because of that. I told my mother that I have to leave again in around 2 hours, considering the time I took for the trip.

Nearing the time I told her, my mother urge me to get ready. She said it's possible for me to be late if I didn't get ready from that time. Although lazy, I know she was right. And long story short, I went out 1 hour before the said time and obviously, I was 15 minutes late.

Luckily (?) there's no one who had come except for 1 person.

My mother chat me afterward and the first thing she asked me was whether I was late. I told her, I was late. But I came second and no one came until like... 15 to 20 minutes later. She replied in serious manner that no matter what, the appointment is at 4 o'clock, I should not be late next time.

Later on, I told my mother that the event itself only start 1 or 1 and a half hour later. And it's kinda upsetting because no one who came later than me, seems to see this as a problem while I know I was rushing myself. I told her that sometimes, I had this urge to come on time just to be mean to those who come late. I hate that being on time means sparing my time, feeling less appreciated since that event won't start anyway and it doesn't motivate me to make being punctual a habit.

I hate that being late is normal.

Then my mother said that being punctual is never for other people, it's for myself. She told me that if my only reason to be on time is to pick on those who are late, it doesn't make me doing the right thing either. So what's the difference?

(Singing Ed Sheeran's : my dad was wrong 'cause I'm not like my mom, 'cause she'd just smile and I'm complaining in a song :/)

You know what, she was right as she always is.

That afternoon, she went out from my home 2 hour before her appointment time.

Anyway, I tried to be like her and went out 1 hour and 45 mins before my appointment time later on. When I was on my way, still close to my house, a friend texted me and asked whether I would come.

I told her, sure. I'm currently on my way.

She replied me, woow you're so on time. I will just go later.

Well, punctuality as normalcy is apparently not for everyone.





To be fair, that friend of mine came just several minutes after the appointment time so she wasn't planning on being late either. But my appointment still start 30 minutes after the said time. So I guess it's such a thing that is possible to change overtime :)

Monday, April 2, 2018

Feel Good K-Drama

Setelah main bingo k drama di instastories (keisengan jaman now), ternyata saya nggak segitunya mantengin dan nontonin drama korea (SELF CLAIM YANG PATUT DIPERTANYAKAN). Kayaknya sih karena saya anaknya suka agak susah move on kalo abis nonton drama bagus terus kalo nonton drama on-going malah nggak sabar nungguin episode berikutnya terus drop deh. Tapi sering juga sih saya drop di episode 7 atau malah 14 walaupun pas awal awal saya semangat banget nontonnya.

insta-stories template from @monicalauricia at instagram
pink : finished | green : dropped halfway or nearing end | yellow : dropped early
Belakangan saya jadi ngeh, drama yang saya suka itu biasanya yang nggak ada orang jahatnya hahaha! Ada sih beberapa yang saya tonton konfliknya agak berat kayak Age of Youth S01 (yang S02 saya drop di tengah-tengah karena nggak suka sama Yoo Eun Jae, nggak ada Kang Unni dan Yoon Park nya cameo, walaupun saya penasaran sih sama ceritanya Song Ji Won), tapi tetep yang bikin bahagia adalah nonton yang nggak ada orang jahatnya. Kayak seneng aja nonton tapi nggak khawatir ada karakter dengan hidden motives. Kayak, alhamdulillah di dunia nyata saya nggak ketemu langsung dengan orang kayak gitu, ga perlulah di dramaland saya malah musingin orang jahat (hahaha).
So if you want to watch some korean dramas and feel good about the whole thing, here's my list :


1. Because This is My First Life

picture from here
Nonton drama ini karena temen saya ribut banget nyuruh nonton. Pertamanya saya iseng sih karena emang udah lama nggak nonton, terus temen saya promonya lumayan gencar ("asli ya walopun gue udah tau ceritanya dari spoiler di instagram, tapi gue tetep nonton sampe abis! Lo tuh bisa ketawa terus nangis di satu episode!") aku pun menyerah huehehe. Taunya emang baguuuus! Karakter ceweknya nggak annoying (ya temennya ngeselin dikit sih, cuma what is life without some drama queen as friends?) Terus walaupun cowoknya quirky dan cenderung aneh karena super datar, justru kalo dia lagi sweet malah lebih manis (yha...) haruskah kusimpulkan semacam lebih dekat ke dunia nyata karena aku sih anaknya termasuk yang boys who are in korean dramas, stay in korean dramas.

picture from here
Ini ceritanya tentang seorang cewek, asisten penulis skenario drama yang lahir di keluarga patriarki(?), karena satu dan lain hal (yang sumpah tadinya pas baca sinopsisnya doang saya mikir apaan sehh, tapi pas nonton hampir cirambay) harus nyari tempat tinggal, dan akhirnya end up in a fake marriage with her landlord. What I love the most is nggak ada adegan-adegan klise kayak mereka kekunci berdua di kamar, masak-masak romantis, sakit terus dirawat sama pasangannya, dan lain sebagainya. Dan nggak ada juga rushing to fall in love (menurut saya, ya). Jadi walaupun this one ends up like most fake marriages in dramaland, its way to the end wasn't the usual road most of them went through. Ya pokoknya ini my instant number one lah.
picture from here
To be fair, tetep ada kok beberapa hal yang saya nggak suka kayak temennya Yoon Ji Ho yang muter-muter kalo ngomong dan drama abess (walaupun setelah dipikir-pikir saya juga ada gitunya sih). Teruus endingnya yang saya masih kurang paham dikit sama pilihannya Ji Ho (no spoiler) mungkin karena saya nggak fokus aja sih pas nontonnya. All in all, this is hands down worth to watch.
picture from here


2. Plus Nine Boys

picture from here
Ini nih, my all-time favorite yang akhirnya tergeser sama Yoon Ji Ho X Nam Se Hee. Nonton ini karena apa(?) Udah lama banget nontonnya. Yang jelas gara-gara drama ini saya jadi tau Yook Sungjae (tau ini dulu baru BTOB, kemudian berlanjut ke nonton School 2015 terus nonton WGM (berdasarkan pengalaman, kokoreaan ini emang always lead to everything else)) sama Kim Young Kwang. Asli loh lupa banget kenapa bisa mulai nonton ini ya? Aku jadi penasaran...
picture from here
Ceritanya tentang sebuah keluarga yang terdiri dari ibu, anaknya yang pertama umur 29, anak kedua umur 19, anak ketiga umur 9, dan adik ibunya yang umurnya 39 dan masih single. Katanya sih kalo di Korea ada kepercayaan bahwa kalo seseorang umurnya berakhiran angka 9, dia rentan mendapatkan kesialan. Jadinya si ibunya khawatir dan pergi ke fortune teller untuk dapet jimat buat semua anggota keluarganya. Tapi tenang aja, ini bukan cerita supranatural kok, drama ini nyeritain konflik yang dialamin sama 4 orang anggota keluarganya si ibu itu di usia mereka masing-masing.
picture from here
Walaupun konfliknya tentang cinta (kecuali yang anak umur 9 taun sih ya menurut ngana aja) tapi saya suka pisan sih sama cerita dari masing-masing karakternya. Drama ini juga mengajarkanku bahwa kadang-kadang akhir yang logis ya emang bukan yang aku mau (kecuali aku yang bikin terus di logis-logisin wkwk). Family aspect, check. Friendship, check. Romance, check. Pokoknya drama ini kusukaaaa dari cerita sampai tone warnanya yang nggak secerah drama-drama biasanya.

Yang bikin ganggu dikit adalah motong background song nya suka nggak enakeun. Saya aja nyadar karena nggak sekali dua kali nggak pasnya. Kan agak kesel yaaa kalo udah in the mood tiba-tiba musiknya ke cut terus nggak fade out. Tapi seperti biasa ini minor, karena saya masih suka iseng pasang episode berapaaa gitu kalo lagi kangen (sama dramanya hehe).



3. 20th Century Boy and Girl 


picture from here
Ini drama yang masih aku tonton alias belum beres, sisa 4 episode lagi dan disayang-sayang nontonnya karena kusuka sekaleee sama Sa Jin Jin unni ku yang artesss dan baik hati (walaupun agak meragukan sih apakah aktris top bisa sesantai ini?). Nonton ini karena iseng... sebelumnya udah pernah liat beberapa cuts di IG dan nangkep bahwa akan ada semacam cerita flashback ke jaman SMA. Ini formula favorit aku banget, sih. Saya lumayan suka cerita yang ada flashback nya karena ceritanya jadi kayak ada latar belakangnya, nggak tiba-tiba gitu time frame nya cuma di masa kini yang ada di dramanya aja (meskipun pada dasarnya most dramas are fictional works ya, nggak mestilah penulisnya nyeritain karakternya waktu SMA hidupnya kayak apa, cuma preference saya aja sih). Kebetulan baru punya viu, lagi semangat pengen nonton dan paketnya masih premium hahahaa jadilah cuss langsung ku download.
picture from here
Ceritanya tentang 3 orang sahabat di usia 35 tahun, masih single semua dan udah sahabatan sejak kecil. Yang satu aktris top, yang satu pramugari, dan yang satu lagi pas masih SMA super pinter tapi masih pengangguran (spoiler to ease your heart : dia dapet kerjaan di awal drama, so it's not about being smart and not being able to get a job). Nah ternyata, si tiga sekawan ini tadinya berempat. Yang ilang ini cowok, dan dulu naksir sama Sa Jin Jin. Nah tiba-tiba mereka berempat ketemu lagi dan mulai nongkrong bareng seperti jaman dulu.
picture from here
Apakah ini jadi cerita cinta segitiga biasa? Tentu tidak bahahahah. Baru sekali ini harus saya bilang akhirnya Saya (yang pada dasarnya tidak peka dan datar ini) bisa bedain akting orang yang naksir dan yang nggak (tapi kalo saya lanjutin penjelasannya nanti jadi too much spoiler. Maafin) Oiya, selain tentang cinta-cintaan orang umur 35, drama ini juga tetep ada unsur keluarga, pekerjaan, dan persahabatannya dan yang paling penting orang jahatnya ilang di episod kedua. Yay for no villain!

Part paling gemesnya (buat aku) adalah Sa Jin Jin unni yang artis ini ngefans sama anggota boyband jaman dia SMA dan hardcore banget sampe pas umur 35 pun masih demikian (relatable meskipun aku nggak hardcore). Beneran deh berasa ngeliat temen fangirling kalo Jin Jin lagi ngomongin biasnya.


What I don't like is... nggak ada sih kayaknya. This drama is definitely worth watching.


Demikian list drama yang ternyata cuma 3. Selain tiga ini, beberapa yang saya tonton sampe abis adalah Tomorrow With You (drama fantasy yang saya abaikan ketidaklogisan perjalanan ke masa depannya (yaiyalah jelas-jelas drama fantasy) soalnya misterinya top banget sih, warnanya cantiks, dan begitu pula dengan Shin Min Ah. Terus Lee Je Hoon gemes gitu iya nggak ehehe), Strong Woman Do Bong Soon (karena meskipun OTP nya cute banget nggak paham tapi orang jahatnya jahat banget sih parrrrraaaahhhhh aku sampe deg-degan :/ terus kumasih menunggu Ji Soo jadi pemeran utama huhu), Fight for My Way (akhirnya diabisin sih lebih tepatnya... terus rather bland, walaupun orang jahatnya nggak jahat-jahat banget dan saya cukup puas sama endingnya) sama Reply series (yang membuatku trauma walaupun aku setuju sama ending 1988 dan nebaknya bener pas 1997).

Terakhir untuk diriku sendiri, meskipun nonton drama, jangan lupa kerja dan tidur ya (mengingatkan diri sendiri #1) karena drama mah nggak akan kemana-mana, nggak ditonton marathon atau nggak abis juga nggak apa-apa :) (mengingatkan diri sendiri #2).

Cheers!



notes : all pictures are taken from the link I've mentioned in each caption. Please contact me if I miss to credit your/someone's pictures in my post :)

Tuesday, March 20, 2018

Don't be Easy to Hate

from here
Kenapa eh kenapa judulnya kok ada hate hate nya (ehehe).

Ini... sekedar mau menuangkan apa yang ada di kepala saya belakangan ini, sih. Jadi... saya nih anaknya banyak pet peeves-nya. Ada orang makan nggak abis, buat saya ganggu. Ada orang suka becanda vulgar, saya kesel. Ada artis diwawancara tapi jawabannya nggak nyambung sama pertanyannya juga saya sebel banget nontonnya (ini lah salah satu alasan kenapa saya nggak nonton acara televisi indonesia beberapa tahun belakangan, ujung-ujungnya nambah dosa doang huhu). Bahkan baca cerita di wattpad yang penulis ceritanya berulang kali nulis 'di tempat' jadi 'ditempat' atau 'ditulis' jadi 'di tulis' aja ganggu banget buat saya. See, there's a lot of reason for me to hate dan itu baru hal-hal sepele yang saya juga sadar betul nggak penting-penting amat. Temen saya sampe bilang; "lo tuh, semua orang aja lo sebelin,"

Tapi namanya juga pet peeve, sifatnya individual banget kan ya, (bisa aja nih, as I'm typing this, ada orang yang pet peeve-nya adalah ngeliat orang yang kalau nulis atau ngomong bahasanya dicampur-campur) jadi sebisa mungkin, misalnya nggak ngerugiin saya juga, saya nggak bawa-bawa rasa sebal yang ditimbulkan sama pet peeve ini ke hubungan personal. Karena, as I grow older, saya makin merasa bahwa marah dan memutuskan hubungan sama orang cuma karena hal-hal sepele itu kayak... memutus kemungkinan-kemungkinan baik yang mungkin bisa aja terjadi kalau kita memilih untuk mengabaikan yang kecil-kecil dan subjektif itu.

Misalnya nih, temen saya ada yang suka nulis blog dan kebiasaan banget nulis 'di tempat' nya nggak dipisah 'di' nya (maaf ya contohnya ini terus, karena serius, buat saya ini ganggu (walaupun masih bisa ditolerir). Terus suatu hari tulisan di blog nya mau diterbitin dan dia butuh orang untuk desain cover bukunya, tapi dia nggak minta tolong saya karena saya musuhin dia akibat penulisan kata depan.

Hm, ini contoh ekstrim sih.

Terus yang kena banget buat saya tentang masalah benci-membenci ini adalah karena baru-baru ini temen saya lagi kesel sama orang, kebetulan dalam lingkup profesional, saya sih sebagai tempat diceritain (sambil agak-agak judging juga sih, haduh), dan kebetulan nggak setuju juga sama sikap si orang ini (walaupun ya saya nggak tau juga alasan sikapnya orang ini karena dia nggak paham aja apa gimana, ya itu mah beda cerita lah ya). Lalu, suatu hari saya liat instastories istri dari orang yang  temen saya nggak suka itu (lah ini lingkup pertemanan kecil amat, ya tapi intinya gitu) isinya adalah orang yang temen saya nggak suka ini lagi main sama anaknya.

Lalu jengjeng.

Kayak... saya bisa nih kesel seeeeeekesel-keselnya sama satu orang, tapi biar gimana juga, orang itu bisa jadi orang paling berharga buat orang lain. Someone might means nothing to me, but he/she might means the world to someone else. Dan nggak tau kenapa, saya jadi luluh aja gitu, kayak kepikiran perasaan orang-orang yang sayang sama orang itu kalau tahu orang yang mereka sayang itu saya benci banget karena pet peeves saya yang subjektif itu, atau karena hal-hal yang saya nggak mau tau alasannya.

Ini cuma a piece of my mind aja, sih. Sekalian ngebersihin hati juga dari benci-benci sama orang lain. Bukannya terus saya jadi mentolerir segala sikap ngeselin atau sesuatu yang emang beneran salah, tapi mencoba, sekali lagi, mempraktekkan apa yang seseorang pernah bilang ke saya dulu; hate the attitude, never the person.