people judge anyway

July 24, 2013

Dua minggu terakhir saya ngobrol sama beberapa teman dan akhirnya berkesimpulan, people judge anyway.

Teman saya yang pertama, with a bit arrogance, bilang sama saya kalo sebaiknya temen saya yang lain urusin aja dulu kuliahnya baru ngurus hal yang lainnya. Pada awalnya mungkin, kalo ada yang denger, pasti mikirnya ini orang sombong banget. Ngeremehin orang banget, nggak liat usaha orang banget. Toh urusan yang mau diurusin juga penting. Kenapa harus bawa-bawa kuliah segala? Dua urusan ini berbeda, kan?

Lalu temen saya yang lain, di kesempatan yang berbeda, bilang, kalo maksud temen saya yang pertama ini sebetulnya adalah mempertanyakan integritas si orang yang disuruh kuliah ini. Being a dictionary freak, I look it up on dictionary and found that

integrity means the quality of being honest and having strong moral principal
Segitu pentingnya kah apa yang kita tunjukkan ke orang lain? Penting. Karena mata fungsinya untuk melihat. We see even before we hear. That's why there's a saying don't judge a book by it's cover.

But people judge anyway.

People see who we are even before listen to what we have in mind. Gimana mau didengar atau kenal sama orang lain kalau, misalnya, masuk kuliah jarang, mainnya sama orang yang itu-itu aja, ditanya kuliah gimana jawabnya ngasal, dan lain sebagainya. Lebih jauh lagi kalo ngakunya orang Islam. Lalu gimana orang lain mau mengenal Islam kalau yang ditunjukkan sama orang Islamnya adalah yang berantakan, nggak jelas, dan seenak-enaknya.

People judge anyway, they don't want to know are you sick, angry, have some issues, anything at all. When people judge it will come down to a label of yourself . I'm not saying that it is better to be poker faced, manis kesana sini, dan nggak punya pendirian. People judge, so let's make them form a good opinion, not the ones that is disapproving. We judge people anyway, so let it stay in our heart and keep in mind that people should have their own issues.

Jadi apa kover itu penting? Penting. Penting sekali. Supaya kita bisa punya kesan pertama yang baik, professional, dan nggak diremehin orang. Dan ini sebetulnya urusan sepele. Urusan datang tepat waktu, urusan pakaian, dan urusan tingkah laku. I do judge books by its cover literally, I think I do the same with people and so does people with me. Vice versa. People judge anyway, it's our choice to let them see only the best of we are.

You Might Also Like

1 comments

Blog Archive