Creative + Blogging, a Sharing Session

November 27, 2016

Follow my blog with Bloglovin

Last Sunday, I went outside (cheer).
taken from here
Di awal minggu lalu, teman saya tiba-tiba ngechat via instagram, ngajakin saya untuk ikutan event-nya Hijup : Inspirasi Wanita vol.3 : "Berawal dari Hobi, Kreatif Jadi Produktif". Salah satu pembicaranya adalah Miranti Andi Kasim, co-founder-nya LivingLoving. Saya kebetulan lumayan sering baca blog itu dan suka banget ngeliatin setiap post nya yang bisa bikin even the smallest thing sounds super fun. Narasumber yang lain adalah Indah Nada Puspita, seorang fashion blogger yang saya udah pernah dengar namanya sebelumnya tapi belum pernah baca blog nya. Karena ini formatnya sharing session, saya jadi penasaran hal apa yang akan mereka bagi, terutama karena saya lagi pengen banyak nulis di blog dan lagi seneng-senengnya crafting lagi. Jadilah saya semangat banget untuk ikutan (plus event-nya gratis hehehe).

sharing session dari mbak Miranti from LivingLoving
Kedua narasumber itu cerita tentang awal mula mereka memulai blog masing-masing. Nada, bilang kalau blog-nya berawal dari tugas IT jaman SMA. She needed to make a blog but she wanted to make it as if it wasn't a class assignment, katanya supaya ikhlas ngisi blog-nya. Therefore, dia isi blognya dengan hal yang ia sukai, yaitu fashion. So she posted her things and there, she got the best score.

Sementara Mbak Miranti memulai blog-nya setelah ia resign dari pekerjaannya. Bedanya, dia nggak sendirian dalam memulai. So it was started online on 2013, though she and her partner started writing since 2012. Mereka juga udah memutuskan bahwa tema besar blog mereka adalah home decor, which is a thing for both of them. Makanya, meskipun banyak banget yang mereka cover, mulai dari traveling, sampai resep makanan, it all came back to their big theme.


Dari cerita mereka, keliatan banget kalo mereka sangat passionate sama apa yang mereka lakukan. Meskipun begitu, Nada bilang bahwa ada juga masanya dia jenuh sama kerjaannya. What she said then is kind of funny but very true. That when she feel bored, she won't do anything, but then she will be bored by not doing anything. Well, at all cost everyone's need a break, right? I like how she stated that what keeps her going is support from her readers. Dia bilang, hebat banget orang bisa se-support itu sama orang yang nggak dikenalnya. Saya sendiri ngerasain, as a reader, just how powerful people's post can be. Kalo emang kena dan bagus banget, pengennya si orang yang saya baca tulisannya itu nulis terus karena mereka sharing good and inspiring things, and that is heart-warming. Plus, itu ngebuktiin juga sih masih banyak orang yang aktif di internet dan bukan haters. That somehow give hopes :)

My favorite part is waktu ada pertanyaan tentang gimana mereka bisa percaya diri untuk sharing hal-hal yang mereka nggak punya pengetahuan formal tentang itu. Secara Mbak Miranti dan partnernya adalah lulusan komunikasi dan Nada juga bukannya belajar tentang fashion di SMA.

Nada pun cerita tentang isi blognya yang kebanyakan tentang mix and match baju, which is what effortless for her. Tapi ternyata nggak semua orang bisa semudah itu memadu-madankan warna dan pakaian. Dia pun merasa hal yang dibaginya ternyata ada banget manfaatnya buat orang lain.

Sementara menurut Mbak Miranti, ada plus nya juga karena dia nggak ada basic pendidikan formal tentang hal yang ia share di blog. Dengan begitu, ia bisa melihat dan membahasakan materi blog nya dari sudut pandang orang awam, sehingga pembacanya juga lebih mudah menangkap isi tulisannya.

Hal yang paling kena banget buat saya adalah slide terakhir-nya Mbak Miranti, tulisannya Start Somewhere. Biasa ya, yang klise-klise itu sebenernya yang paling gamblang maksudnya. Nggak pake alesan lagi, kalo suka sesuatu ya dilakuin aja. Seperti yang Mbak Miranti tambahin juga, kalo mikirnya cuma uang doang, lama-lama kita jadi nggak sincere, padahal, kita cukup yakin bahwa sharing is caring. Jadi followers, fame, sama income nya sih mestinya bonus aja.


Making Painted Necklace with LivingLoving (demo aja tapi, huhu nggak kebagian)
There, cerita saya ikutan event-nya Hijup yang ternyata seru dan lumayan bikin saya mikir juga soal blog yang suka kelamaan ditinggal ini. Semoga makin semangat untuk nulis ya. Let's start somewhere! :)




ps. maafin segala foto low-res yang di atas ya huks. need to do something with the layout (and phone's camera)

You Might Also Like

0 comments

Blog Archive