tentang pakai kerudung

August 15, 2010

waktu itu ada temen nanya ke gue, "Fit, kenapa sih kok lo pake kerudungnya dipanjangin?"

seriously, gue terbiasa bersekolah di sekolah Islam pas SD dan SMA, waktu gue sekolah di sekolah negeri pas SMP, temen-temen gue nggak ada yang nanya ke gue. Gue dan kerudung udah kayak jus alpukat pake susu kental manis coklat, really, itu bukan pertanyaan yang biasa ditanyakan ke gue. biasanya orang bakalan nanya, "mulai kapan lo pake kerudung?" yang akan gue jawab "dari TK," terus ntar temen-temen gue, "hah? ya ampuuun lama banget!"

pertanyaan itu adalah pertanyaan yang paling paling paling gampang, tingkat kedua gampangnya biasanya, "Fit, ngapain sih lo pake kerudung?" well, untuk yang ini biasanya gue jawab dengan, "yah, selain emang wajib, gue udah dibiasain juga sih dari kecil," tapi untuk lebih lengkapnya, gue setuju dengan salah satu post yang gue temukan saat blogwalking, bisa dilihat di sini.

pertanyaan temen gue yang tadi, yang kenapa kerudung gue dipanjangin, bukannya digaya-gayain diiket atau semacamnya seperti kebanyakan orang sebenernya sempet bikin gue speechless selama beberapa saat, bukan karena gue nggak tau jawabannya, tapi lebih karena gue bingung gimana cara menjawabnya.

membahas kerudung untuk perempuan, terutama sama orang-orang yang belum berjilbab, menurut gue adalah hal yang agak sensitif. menurut gue, itu karena mereka biasanya nggak sadar sama kewajiban itu. ya, pake jilbab itu wajib loh, cuman biasanya banyak yang mikir nggak sewajib puasa gitu kali, ya. gue nggak ngerti deh definisi wajibnya gimana. Memakai penutup kepala yang menutupi aurat itu wajib, gue ulang lagi, wajib seriusan wajib, dan aurat itu bukan cuma rambut ya, tapi juga lekuk tubuh orang.

waktu itu gue bilang ke temen gue, "gue pake jilbab dipanjangin soalnya emang harusnya begitu, kalo diiket atau diangkat-angkat nggak nutup dong. percuma deh,"

dan temen gue itu menemukan pertanyaan yang lebih menantang lagi, "terus kenapa ya banyak yang pake kerudungnya diangkat-angkat?"

nah loh, yang kali ini bener-bener bikin gue speechless why oh why? tentu saja nyuruh temen gue itu buat nanya sendiri ke orangnya sama sekali tidak menyelesaikan masalah, jadi gue cuma bilang, "yah itu sih mungkin belom tau aja."

jawaban yang sama sekali nggak bikin gue sendiri puas. temen gue itu berhasil, sangat berhasil menyentil fenomena yang memang terjadi di sekitar kita, pernah denger orang bilang pake kerudung tapi kayak nggak pake? ya, that happened. pake kerudung tapi bajunya ketat, atau pake kerudung tapi nggak sampai ke dada, pakai kerudung tapi nggak jaga sikap.

pake kerudung adalah lebih dari sekedar menutup aurat lo, menurut gue, pake kerudung adalah personal reminder, yang ngingetin gue untuk berlaku sesuai dengan apa yang sudah diwajibkan atas gue. pake kerudung berarti lo harus jaga sikap lo sama lawan jenis, atau membuat batas-batas tentang apa yang boleh lo lakuin saat lo bergaul dengan orang lain. Seriously, pake kerudung bukannya membatasi diri lo untuk melakukan apapun, lo boleh bergaul dengan siapa saja, asal masih dalam koridor yang benar, yang diharuskan atas kita semua berdasarkan Islam.

Gue kenal dengan orang-orang hebat di tempat kuliah mereka masing-masing yang jadi koordinator kegiatan buat mahasiswa baru, misalnya, atau aktif di jurusan dan di kenal banyak orang karena hal yang positif, mereka berkerudung dengan benar, dan bergaul dengan benar, berkerudung nggak bikin lo nggak bisa menjalankan amanah, bukan?

temen-temen gue banyak yang bilang mereka ingin berkerudung, tapi mereka mau ngebetulin sikap dulu (bahkan artis-artis pun bilang begitu di infotainment, tapi ya biarinlah ya, artis ini, gue nggak peduli juga mereka mau ngomong apa huh!), sejujurnya gue nggak setuju sama excuse ini, seperti yang sering gue alami, saat kita menunggu waktu yang tepat untuk berbuat, seringkali waktu yang tepat itu justru nggak datang. kenapa nggak kita yang kejar? justru kerudung itu yang kita jadikan personal reminder untuk diri masing-masing, bukannya kita bakalan malu, ya, kalo berkerudung tapi nggak bersikap seperti orang yang berkerudung?

temen gue pernah bilang, "gue juga kacau kok Fit, orangnya, tapi ya gue pake kerudung dulu aja,"

gue yakin, lebih banyak yang akan menghargai saat lo mulai untuk merubah diri lo sendiri. pake jilbab, untuk kebanyakan orang, adalah lompatan yang luar biasa besar, tapi bahkan manfaatnya lebih besar lagi.

kalo ada yang kurang setuju bisa kasitau gue yaa, nggak bermaksud untuk ngomong sesuatu yang ribet-ribet, cuma ingin berbagi sesuatu berdasarkan sudut pandang gue pribadi =D

You Might Also Like

0 comments

Blog Archive