Thursday, February 3, 2011

day 8 : tentang berkata-kata kasar dan semacamnya

gue merasa menjadi pribadi yang sangat sangat berbeda setelah masuk kuliah. bukan masalah mood tentu saja, tapi masalah mudahnya gue ter-influence oleh orang yang ada di sekitar gue.

bukannya nyalahin sih, tapi setelah kuliah, gue mendengar lebih banyak lagi kata-kata kasar dari yang gue tau sebelumnya melalui teman-teman, tv, ataupun novel. dulu, waktu SMA, temen-temen gue yang cowok entah kenapa kalo ngomong sama kita yang perempuan itu sopan loh. mereka pake bahasa yang nggak sopan-sopan banget sih, tapi nggak kasar juga *gimana ya jelasinnya. hmm

nah, begitu kuliah, kosa katanya makin banyak aja di sekeliling gue. terucap atau tidak oleh temen-temen dekat gue, dan membuat gue jadi ikutan. padahal sejak dulu, entah kenapa gue merasa bahwa menggunakan kata kata kasar, yang walaupun sebenernya semua orang juga nyantai aja makenya, itu nggak sebaiknya terlalu banyak diucapkan, terutama sama cewek. Ada aja lah dulu temen gue yang kayaknya reflek aja gitu ngomong kata-kata kasar kalo diganggu. dan gue pernah mendengar temen gue yang cowok kayanya aneh aja ngeliat temen gue yang cewek itu karena terlalu sering ngomong kasar. buat gue sendiri, buat apa sih, kalo sebenernya kita bisa ngomong yang lebih baik? lagipula dulu inget banget pernah dikasitau sama bunda : berkatalah yang baik atau diam. ini kayanya semacam kata-kata mutiara gitulah. yang bener juga sih. berkata-kata kasar itu kan kebiasaan, akan kacau jadinya kalo kebiasaan itu misalnya kebawa saat kita nggak lagi dalam posisi bisa berkata-kata sebebas sekarang jaman kuliah sama temen-temen sendiri because there will definitely comes  a day like that.

tentu saja gue nggak nyalahin orang-orang di sekitar gue, karena balik lagi, ini kan pilihan gue sendiri, bukan salah siapa-siapa gue jadi terpengaruh begini.

dan sampai sekarang, karena anggapan gue soal berkata-kata kasar itu masih sama, jadi gue memulai dari diri gue sendiri. mengurangi. dan mudah-mudahan bisa menghilangkan. clean your mouth, clean the heart inside :D

No comments: