community project #1 : the beginning

January 22, 2012

I decided to make this series along the holiday. This is one fascinating project, experience, and class I've ever taken. Enjoy :)

Semester lima kemarin gue ambil mata kuliah Everyday Architecture. Di kelas ini, kita dapet project besar yang dikerjain sama satu tim (10-12 orang) selama setengah semester. Proyeknya menarik; mengubah perpustakaan sekolah dasar menjadi 'The Heart of School' dengan metode partisipasi yang dijelasin di kelas saat kuliah. Di sini kita diminta untuk mengimprove kualitas perpustakaan yang sudah ada supaya bisa jadi tempat yang menarik bagi murid sekolahnya dan kemudian bisa juga meningkatkan minat baca anak-anak yang ada di sana.

It was a whole new experience for me. Basically, kerja sama anak kecil itu memang tidak gampang, tapi entah kenapa, menarik. You know, the feeling when you were in front of the class, telling them what to do, and seeing their enthusiastically doing what you have told them, and finally seeing their happy faces when they're done. That's too much happiness, but anyway, gue akan menceritakan bagaimana akhirnya projek ini dilaksanakan.

Hal pertama yang dilakukan (setelah survey dan janjian sama sekolahnya) adalah workshop. Seperti yang gue bilang sebelumnya, proyek ini kan mesti ada partisipasi dari siswanya. Yang kelompok gue lakukan untuk menjalankan partisipasi ini pertama-tama adalah mencari tema yang diinginkan sama si murid sekolahnya dan mencari tahu hal-hal yang mereka suka dan tidak suka di perpustakaan.

Caranya? Kita nyediain beberapa template tema (untuk kelas 2,3, dan 4), dan membagikan kertas ukuran setengah A5 buat masing-masing anak. Terus mereka disuruh gambar sesuai dengan tema yang dipilih dan menempelkannya di template yang ada di depan kelas. Cara yang sama juga dilakukan untuk mengetahui their preference on the library. Kita nempel 4 kertas A2 di papan tulis dan murid-muridnya (yang kelas 5 dan 6) menuliskan apa yang mereka suka dan yang nggak mereka suka di perpustakaan secara bergantian.

See their happy faces and the wonderful pictures they have produced :D. click to enlarge
Dari semua tema ini, ternyata yang dipilih sama anak-anaknya adalah tema bawah laut (banyak yang gambar dengan tema itu) dan tema itulah yang akhirnya dipakai sama kelompok untuk dikembangkan dan dijadikan dasar untuk desain perpustakaan yang baru.

Next, I'll tell you about the design process and the working process! for other project and information click here. info about the class, click here.

You Might Also Like

0 comments

Blog Archive