MOS

July 16, 2012

saya nggak tau harus merasa beruntung atau nggak karena nggak pernah mengalami yang namanya MOS disuruh bawa barang aneh-aneh.

Dulu, jaman SMP, waktu saya pulang sekolah, saya ngeliat serombongan anak baru dengan segala macam atribut (pita rambut, kaus kaki, tas karung) di depan sekolah mereka. Kebetulan, pas angkatan saya, di SMP nggak ada acara MOS begitu. Saya lupa, sih, MOS nya kayak apa, yang jelas kami nggak disuruh pake atribut macem-macem atau menebak-nebak apa barang yang harus saya bawa ke sekolah karena di suruh kakak kelas.

Waktu SMA, MOS saya cukup berat karena saya baru pindah ke Bandung dan tinggal sendiri. Isi MOS nya sendiri kebanyakan berupa game dan motivasi dari guru tentang cita-cita kami.

Waktu kuliah, saya baru ngerasain ospek yang bener-bener melibatkan senior dan gimana rasanya ngerjain tugas sampe malem dan kumpul-kumpul seangkatan. Tapi, nggak seperti fakultas lainnya, atribut kami cukup name tag berwarna dan slayer.

Makanya, pas kemarin adik saya yang kedua masuk SMA dan harus bawa macem-macem saya sama adik saya yang pertama malah ngetawain daftar tugas dan bawaannya. Menurut adik saya yang pertama, sebenernya adik saya yang baru mau masuk SMA ini nggak usah segitu nurutnya lah sama kakak kelas. Kalo ada salah-salah sedikit juga nggak usah panik, toh salah-nggak salah, dia akan tetep sekolah di sekolah yang sama.

Saya nggak bisa menilai sebenarnya, karena saya nggak pernah mengalami MOS yang dialami adik saya. Tapi, saya pernah menjadi panitia semacam ospek saat kuliah, dan saya merasa seharusnya semua yang disuruh sama kakak kelasnya adik saya di SMA ini ada alasannya. For the sake of the name : orientasi siswa. Segala barang aneh-aneh yang disuruh dibawa ini harusnya adalah hubungannya sama kegiatan orientasi.

Masalahnya menurut saya, kalau tujuan dari orientasi ini adalah disiplin, kompak, dan patuh, hal itu mungkin nggak tercapai karena jaman-jaman MOS ini justru adalah jaman ngerepotin keluarga. Ibu saya sempet ke pasar dan ketemu sama ibu-ibu yang sibuk nyariin tali rafia dengan warna tertentu buat anaknya. Adik saya pergi untuk nyari barang MOS dan ketemu sama ibu-ibu lain yang malah nanya maksud dari nama barang bawaan yang disuruh dibawa. Saya yakin banget, pasti ibu-ibunya panitia MOS ini juga mengalami hal yang sama. Sayang banget, kan, satu hal penting yang bisa menghasilkan nilai positif untuk si siswa baru malah berakhir jadi ngerepotin sekeluarga.

Here's my positive thoughts of the tasks :
dari seluruh barang bawaan aneh-aneh yang mesti dibawa dan dibuat, sebenernya kakak kelas bisa membentuk sebuah kelompok anak baru yang bisa bekerja sama dengan cara mengharuskan barang bawaan itu dikoordinir di kelasnya. Misalnya, ada anak yang nemu barang ini, ya dia bilang ke temennya yang lain dimana tempat belinya, atau malah beliin dulu dan saat mereka ngumpul, barangnya dibagi-bagi.

dari tugas bikin essay anak-anak baru bisa bebas mengekspresikan pandangannya tentang MOS yang akan mereka hadapi, secara nggak sadar, mereka memiliki ekspektasi tentang apa yang akan mereka dapat, dan nggak cuma merasa dikerjain selama seminggu (atau berapa lamapun durasi MOSnya)

dari tugas nyatetin alamat temen sekelas, minimal si anak baru bisa kenal sama semua temen sekelasnya. Dan walaupun akhirnya cuma seorang yang nyatetin alamat dan yang lain minta fotokopinya, paling nggak ada proses komunikasi dan kerja sama dalam tugas itu.

A lot of things can be gain, yet when you take it the wrong way, the wrong things start showering.

Salahnya dari MOS ini menurut saya adalah pendapat orang-orang terhadap kegiatan ini udah negatif aja. Ajang ngerjain dan dikerjain. Sepositif apapun makna di balik semua tugas dan barang bawaan. Saya sendiri baru tahu hal ini setelah kuliah (yang menurut saya telat banget, padahal saya nggak dapet kegiatan MOS juga) Sayang banget kan, kalo MOS yang sekali per tiga tahun selama SMP dan SMA ini cuma jadi ajang ngerjain dan dikerjain?

You Might Also Like

0 comments

Blog Archive