HASHTAG NAIKCOMLINE : Teori Kaleng Kerupuk
August 15, 2014Post pertama setelah 3 bulan (terus orangnya udah mau stop (sementara) jadi pengguna comline).
Kalo lagi nggak dijemput, saya naik kereta full trip sampe stasiun deket rumah. 9 atau 10 stasiun. Cukup lama, yaaa kalo keretanya lagi nggak ngebut 30 menitan mah ada lah. Dan berdasarkan pengalaman, kereta dari abis maghrib sampe jam 8-an masih mayan penuh tuh sama orang-orang kantoran. Saya biasanya naik kereta di gerbong wanita, untuk alasan kenyamanan. Yah, walopun desek-desekan minimal cewek semua.
Nah, kalo kereta lagi penuh gitu, biasanya nggak semua orang bisa dapet pegangan. Ya gimana mau pegangan kalo yang berdiri di bagian tengah sampe 4 lapis. Pasti akan ada orang-orang yang bisa berdiri di kereta dengan modal kegencet. Nggak selalu kejadian sih, tapi saya beberapa kali ngalamin pas kereta lagi penuh-penuhnya, gerak pun gak bisa. Diem aja gitu dengan posisi yang sama sampe pegel sampe stasiun tujuan.
Tapi, ada beberapa hal yang bikin penumpang bisa gerak walaupun kereta penuh. Yang pertama adalah tekad kuat untuk turun (yang bikin si penumpang harus menerobos, menyempil, dan mendorong untuk bisa mendekat ke pintu otomatis) dan yang kedua adalah percepatan (yang nilainya positif DAN negatif) kereta setelah berhenti di satu stasiun.
Kalo ada yang inget, jaman sekolah dulu pasti dijelasin pas pelajaran fisika kalo arah percepatan berlawanan dengan arah gaya yang dirasakan. Kebayang lah ya, kayak mobil ngebut di film-film gitu, kalo kenceng si supirnya akan nempel di jok mobil. Penjelasannya seperti ini :
Gambar diambil dari Kartun Fisika (The Cartoon Guide to Physics) oleh Larry Gonick dan Art Huffman (p. 9 - 10). Click on the picture to enlarge. |
2 comments