February 05, 2012

waktu SMA, gue beberapa kali mampir ke Palasari demi beli buku murah. Dengan keinginan baca yang segitunya dan uang jajan yang nggak terlalu mendukung plus tinggal nggak sama orang tua, Palasari yang semua bukunya didiskon jadi pilihan yang tepat, terutama karena setelah harga buku murah, kualitas juga bagus (kecuali sial dapet yang bajakan), pilihan bukunya cukuplaah... asal jangan cari yang aneh-aneh dan mau kuat nyarinya. Kalo mau nawar pun bisa, bahkan kalo harganya nggak cocok bisa pindah ke toko buku sebelah, siapa tahu harganya bisa jauh beda.

Sebelum kenal toko buku diskon di jalan Supratman, gue bisa dibilang nyari apa-apa di Palasari. Buku UN, buku teks buat pelajaran, novel, dan kawan-kawannya. Gue punya satu toko langganan, berhubung gue bukan orang yang hobi muter-muter demi nyari buku yang mau dibeli.

Kemarin, waktu nge-Bandung dadakan selama 3 hari 2 malam, eyang ngajakin ke Palasari buat beli beberapa buku. Setelah urusan eyang selesai, iseng, gue ngajakin eyang mampir untuk ngeliat toko langganan gue jaman dulu itu. Seneng banget deh, pas akhirnya bisa nemuin toko yang cuman satu petak nggak pake pintu itu. Ukurannya kayanya bahkan gak nyampe 3x2 meter. Di dalamnya penuh buku di rak-rak kayu sampe ke atas dan buku-buku yang nggak muat di rak ditumpuk begitu saja. Imagine you are in a small room only for two people (three at most) surrounded by hundreds of book. Semacam nggak bisa gerak kemana-mana karena liat ke kanan barisan buku liat ke kiri tumpukan buku. Ke belakang keluar, dan ke depan ke tempat bapak penjualnya duduk dan nyampulin buku.

and the simple happiness coming not only from visiting that specific place again, but also from the greetings. "Cari apa neng? Cari novel? Udah lama si neng gak ke sini,"


yes, the owner still remember me.


Gue yang pada awalnya entah kenapa nggak semangat meskipun ada di Bandung (the only destination I would beg for my holiday), jadi nggak bisa berenti senyum setelah masuk ke toko itu. Ternyata diingat sama orang itu efeknya bisa sedahsyat itu, ya? Rasanya gimanaaa gitu, padahal gue juga bukan orang yang dua puluh kali bulak-balik ke toko yang sama loh. Rasanya kunjungan gue ke sana bisa diitung jari, dan nggak semuanya beli juga.

Setelah liburan ini, kalau nanti ke Bandung lagi, tau banget bakalan kemana. Makasih ya, Pak, masing inget sama saya, that means a lot.

You Might Also Like

0 comments

Blog Archive